Thursday 24 September 2015

KEBERHASILAH PEMELIHARAAN AYAM BROILER

Kunci pokok pemeliharaan ayam broiler adalah :

  • Kenyamanan ayam
  • Pelebaran jangan sampai telat
  • Pemberian konsumsi pakan jangan sampai telat
  • Ayam jangan dibiasakan kaget/strees
  • Ventilasi
  • Posisi kandang

Kenyamanan ayam

            yang dimaksud dengan kenyamanan ayam adalah ayam maunya apa kita harus ection atau tanggap misal pada kasus ayam penting (mengap) berarti ayam tersebut kurang sirkulasi udara, lihat disekeliling kandang, langkah apa yang dilakukan misalnya dengan menurunkan tirai dalam, kalau tirai dalam masih mengap turunkan tirai luar, dan kalau misalkan masih mangap juga, tarik plafon kandang. Mungkin sebagai contoh kaya gitu.

            Semisalkan ayam kepanasan ayam cenderung dipinggir. Langkahnya adalah kecilin gasolec, masih kepanasan juga matiin gasolec, masih kepanasan juga bukan tirai dalam, umur ayam 1-4 hari jangan kontak langsung sama angin luar. Kalau misalkan dalam kasus ayam kedinginan ayam harus di besarin pemanasnya. Mungkin kalian belum tahu yang namanya ayam kedinginan, biasanya ayam kedinginan cenderung ngumpul ditengah brooding

Ketinggilan tempat pakan atau tempat minum sangat pengaruh besar terhadap pertumbuhan ayam. cara mengatur ketinggilan tempat pakan dan air minum adalah; kalau tempat pakan ukurannya dibawah tembolok ayam, sedangkan air minum adalah diatas tembolok ayam.

Pelebaran jangan sampai telat
Pelebaran sangat besar pengaruh terhadap pertumbuhan ayam. Dikarenakan pada posisi pelebaran membuat ayam jadi nyaman dan disertai dengan penambahan tempat pakan dan minum. Dampak jika telat pelebaran akan menjadikan ayam tidak seragam karena persaingan makannya. Oleh hal itu pelebaran biasanya dilakukan setiap 2/3 hari (tergantung pertumbuhan ayam yang cepat atau lambat)
Pemberian konsumsi makan jangan sampai telat
            Telatnya pemberian pakan dampak bagi ayam strees. Ayam pada waktu strees pertumbuahan jadi kurang maksimal bahkan hal tersebut bisa segala pernyakit masuk. karena posisi ayam lagi kelaparan biasanya kalau ada makan langsung menyambar. Jadi ayam bisa strees. Dan juga pengaruh terhadap pertumbuhan ayam itu sendiri. Karena posisi ayam lapar, dalam tubuh ayam lemak diserap untuk cadangan makan, asumsi kasus tersebut jadi ayam kurus-kurus.
Ayam jangan dibiasakan kaget atau strees
            Janganlah ayam dibiasakan kaget atau strees. Karena pengaruh ayam kaget atau strees pertumbuhan ayam kurang maksimal dan juga sistem kekebalan ayam jadi terganggu. Biasakan ayam dengan suara bising, caranya dengan menyalakan radio atau musik box untuk membiasakan ayam dengan kondisi bising.

Ventilasi
            Maksud yang dinamakan ventilasi tentang managamen pemeliharaan ayam adalah sirkulasi udara yang baik. Pergantian udara yang baik membuat ayam nyaman, sehat. Dan hal tersebut memberikan hasil yang bagus pula. Biasanya kalau pada waktu musim kemarau kandang jadi panas, untuk penambahan ventilasi diberi bantuan kipas. Terpasang di tengah kandang.

Posisi kandang
            Posisi kandang harus menjauhi matahari. Artinya posisi kandang menghadap timur-barat. Dikhawatirkan jika kandang tidak menjauhi matahari. Pada posisi pagi hari cenderung ayam lari kebagian barat semua, dan kebalikan jika pada sore hari posisi ayam ke timur semua. Asumsi kasus tersebut mengakibatkan ayam tersebut jadi penting (mengap) dan akibat terus-menerus ayam jadi ngorok.



Mungkin demikian penjelasan dari saya, jika masih ada yang bingung tolong komentar dibawah. Semoga bermanfaat untuk kita semua………

No comments:

Post a Comment

PEMBUKAAN

Dunia peternakan di indonesia saat ini sudah berkembang pesat. terutama peternak broiler moderen. contoh kecilnya dulu pada tahun 2000 umur...