Monday 27 January 2020

PEMBUKAAN

Dunia peternakan di indonesia saat ini sudah berkembang pesat. terutama peternak broiler moderen. contoh kecilnya dulu pada tahun 2000 umur panen sekitar umur 50 hari untuk mencapai bobot 2 kg up, dan sekarang umur panan jadi lebih cepat sekitar 30-35 hari untuk bobot 2 up. dari perkembangan zaman waktu dulu kantor kemitraan broiler juga tergolong sedikit, tapi sekarang kantor kemitraan sangat banyak, diantaranya adalah kemitraan naungan charoen phokphan adalah cull, maa. terus kemitraan naungan japfa adalah ciomas, pkp. trus punya samsung, starfeed, dan kemitraan kecil masih banyak lagi setiap daerah masing-masing, dengan semakin banyaknya kemitraan di indonesia harga ayam (live bird) juga sangat mempriyatinkan. bayangkan saja tahun kemarin pada waktu bulan syawal biasanya identik harga meroket tapi tahun kemarin harga dibawah 10 ribu, sedih melihatnya juga. banyak kemitraan yang inisiatif juga ekoran ketempat warga guna mendapatkan harga yang lebih tinggi dibanding harga pasar.

gambar disamping contoh penjualan ekoran kewarga untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi dari harga pasar yaitu 6ribu. bayangkan saja harga 6ribu untuk modal dikemitraan sendiri BEP di 15 - 16 ribu perkg. pada moment lebaran yang bisa dikatakan moment dimana semua kemitraan menunggu. malah jadi ancur dikarenakan stock LB meluap, harga tawar dari bakul pun sangat sedikit. semua kemitraan pada menjerit. dan banyak juga kemitraan yang gulung tikar pada waktu itu, ada juga sistem mager (perampingan personil) mirip hukum rimba, yang kuat yang menang, yang lemah yang kalah.
selanjutnya mungkin banyak yang berfikir panjang untuk mendirikan bisnis dibidang broiler modern, banyak perilaku peternak mandiri terjun atau beralih ke ayam joper atau ayam pejantan, memang perputaran modalnya lama, tapi hasilnya lebih lumayan dari pada broiler, ada juga yang terjun di peternak petelur (layer) karena pertimbangan harga broiler tak kunjung naik-naik. yang harapannya diatas BEP tapi bulan ini saja masih dibawah BEP.
dengan adanya web ini saya sekedar sharing ke teman-teman yang berkunjung ke web saya. dan ingin berbagi ilmu dan informasi tentang dunia peternakan khususnya peternak broiler di indonesia. dan silakan komentar atau sharing ilmu. untuk jadi lebih baik.

1 comment:

PEMBUKAAN

Dunia peternakan di indonesia saat ini sudah berkembang pesat. terutama peternak broiler moderen. contoh kecilnya dulu pada tahun 2000 umur...