Monday 27 January 2020

Permasalahan di Kandang

Mungkin temen dari kandang juga paham kekurangan dari foto berikut ini. dan menurut saya pelebebaran terlalu cepat dan tempat makan kurang. kondisi cuaca lagi hujan terus dikhawatirkan ayam kedinginan (cold steest)

umur 20 jln bb 600 fc 1,60 dengan melihat dari bobot dan fcr kondisi kurang tinggal kita kasih obat anti coksi (obat pencernaan) seperti amoxilin, colistin, amprolium atau totrazulin. dosis pengobatan 1:1 selama 5 hari. beda dosis untuk pemberian tortazulin yaitu dengan bobot badan (mungkin temen-temen biasa tanyakan saya di wa).

umur 34 hari bw 1.72/fcr 1,78 dengan lihat gambar dan data laporan lakukan penjarangan dikarenakan kondisi density (kepadatan) kurang, harus segera dikurangi, selanjutnya pasang kipas dan pemberian obat paracetamol.

umur 7 jln bb 190 fc 0,78 dengan melihat gambar dan laporan lakukan pelebaran, penambahan tempat pakan dan minum pemberian seketan (meminimal mungkin bergerakan ayam kecil) sudah mulai dilatih pakai tempat ayam terobong.



mungkin temen temen kandang sering mengalami seperti ini. doc sudah kematian tinggi. untuk treatment kasus seperti ini adalah kita lihat sirkulasi brooding di kandang, selanjutnya pemanasnya bagaimana, selanjutnya hitung tempat air minum sudah cukup (apa masih kurang) untuk tempat air minum dengan pop 750 e (brooding) harus ada 12 galon, tergantung kondisi iklim juga. setelah itu kita tinggal pemberian gula (durasi rada lama) rekomendasi pakai sorbitol.













30 jln bb 1420 fc 1,72, melihat foto dan laporan.  kotoran tidak turun di bawah slat (pasti amoniaknya tinggi) dan kotoran juga kelihatannya basah. saran saya pemberian obat pencernaan seperti amoxilin, amprolium atau colistin, untuk memperbaiki saluran pencernaan. dan kotoran yang basah bisa dilakukan dengan penyemprotan EM4 campur gula (untuk mempercepat pengeringan kotoran di slat) supaya mengurangi bau amoniak

No comments:

Post a Comment

PEMBUKAAN

Dunia peternakan di indonesia saat ini sudah berkembang pesat. terutama peternak broiler moderen. contoh kecilnya dulu pada tahun 2000 umur...